Just another WordPress.com site

Cara menulis content blog anda agar bisa seperti itu tadi cukup mudah. Perhatikan baik-baik ya: Pertama Anda perlu membidik apa yang disebut sebagai Kata Kunci atau istilah kerennya adalah KeyWords. Misalnya seseorang mencari di Google dengan mengetikkan kata “Bisnis Blog” maka kata kuncinya ya Bisnis Blog tersebut (ini contoh saja). Tentu kata kunci ini jumlahnya hampir tak terbatas. Anda ingin blog anda ditemukan orang dengan kata kunci apa? maka tulislah kata kunci anda tersebut dengan aturan sederhana sebagai berikut:

  • Letakkan Kata Kunci Anda dalam Judul Artikel Anda
  • Letakkan juga Kata kunci Anda dalam Description Artikel Anda. Description ini tercermin rombongan Meta Tag pada bagian header blog Anda. Sedikit teknis sih memang penjelasannya. Tetapi jika Anda menggunakan berbasis WordPress seperti blog saya ini maka Anda cukup menggunakan plugin All In One SEO Pack yang memungkinkan anda menulis Description yang Anda inginkan. Atau bisa juga Anda meletakkan kata kunci tersebut diawal-awal artikel anda, maka sekitar 85 kata di awal artikel tersebut akan otomatis menjadi Description tersebut.
  • Letakkan juga Kata Kunci tadi pada rombongan meta yang bernama Keywords. Sama seperti Description tadi, jika Anda menggunakan blog dengan script wordpress maka Anda bisa meletakannya pada Categori atau Tags dalam posting anda.
  • Terakhir, letakkan juga kata kunci anda tadi didalam content (body) artikel yang anda tulis secara proporsional, artinya tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Saya sering menggunakan sekitar 4 sampai 8 persen keywords di dalam content yang tersebar di beberapa paragrap.

Google

Selesai deh cara peletakan keywords untuk menulis agar blog anda LEBIH MUDAH dikenali dan ditemukan di Google. Artikelnya sendiri kan bebas, kata kuncinya pun bebas, tergantung kata kunci apa yang ingin Anda bidik tentunya.

Kegiatan diatas dinamakan dengan ON-PAGE SEO, artinya mempersiapkan blog Anda secara INTERNAL (dengan artikel tadi) untuk siap diindex dengan baik oleh Google dan juga Search Engine lainnya seperti Yahoo, MSN, dan sebagainya.

Ada satu tugas lagi yang perlu Anda kerjakan yaitu menulis juga tetapi Menulis Diluar Blog Anda tentang blog Anda tersebut. Artinya membuat pintu masuk ke blog Anda dari blog diluarnya. Pintu masuk inilah yang kemudian disebut orang sebagai Inbound Link atau lebih dikenal dengan istilah Backlink saja.

Membangun backlink ini bisa anda lakukan sendiri misalnya dengan memasang iklan ditempat lain, bertukar link dengan teman, menyumbangkan artikel ke blog lain yang berisi backlink ke blog anda dan sebagainya. Bisa juga dilakukan secara suka rela oleh orang lain, misalnya karena mereka suka dengan blog anda. Bisa juga dengan membeli link, bisa pula misalnya Anda menyenggarakan kontes menulis berhadiah dimana salah satu syaratnya adalah artikel peserta ngelink ke blog Anda. Semua itu dimaksudkan untuk membangun backlink tadi.

Kegiatan diatas dinamakan OFF-PAGE SEO, artinya kegiatan DILUAR blog Anda. Sama sih, harus menulis juga. Jadi kalau On-Page SEO tadi menulis di dalam blog anda maka Off-Page SEO berarti menulis diluar blog Anda.

Itu persyaratan menulis agar blog Anda mudah ditemukan di Search Engine besar seperti Google, Yahoo, MSN, Bing dan sebagainya tadi.

Lalu bagaimana agar mendapat posisi tinggi, atau katanlah masuk ke 10 besar di halaman pertama hasil pencarian di Google?

Jawabnya sederhana: Anda harus menang di On-Page dan menang juga di Off-Page Seo tadi. Menang itulah yang mungkin perlu kerja keras, sebab banyak pesaing yang memperebutkannya :) Ya kan?

Tetapi jika Anda membidik kata kunci yang hampir tidak pernah dibidik atau dibahas orang lain maka tentu Anda akan cepat sekali menjadi nomor 1 di google. Kira-kira buat apa ya menang seperti itu? hehe..

Yes, yang terbaik memanglah menang memperbutkan kata kunci yang kompetitif, kata kunci yang bernilai uang mungkin? Yes, bagi sebagian orang mungkin itu tujuannya. Atau menang sekedar untuk menjadikan blog Anda terkenal walaupun tidak bicara tentang duit? Boleh-boleh saja, terserah Anda saja :)

Apa harus menang di Search Engine seperti google? tidak harus, kan banyak cara lain mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Misalnya dengan mengiklankannya di koran atau TV, atau bikin tulisan yang sangat heboh sehingga blog anda jadi buah bibir, hehe.. bisa saja! Of course sebaiknya membuat blog yang mendatangkan manfaat sebesar-besarnya yang Anda bisa lakukan. Buat apa ya ribut-ribut dan membuat banyak orang rugi waktu dan rugi tenaga untuk berantem di internet?

Salah satu sebab kenapa web/blog itu mati adalah ketidak mampuan para webmaster untuk menampilkan web-web yang sedang mereka kelola masuk dalam ranking bagus pencarian web. Ini hampir seperti lomba, bayangkan jika sobat membuat sebuah web diantara ratusan juta web. Jika sobat tidak memperhatikan tips agar alamat sobat muncul di google/yahoo atau tidak dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain. Maka ‘tenggelamnya’ web tinggal menunggu waktu saja. Apalagi visi dan tujuan web terlalu umum seperti shopping online, blog, majalah dsb maka ketika semangat telah turun, statistik pengunjung tidak jelas, bahan update habis, kreativitas hilang dan kesibukan lain sedang menyita so monumen web sudah siap menunggu.

SEO (Search Engine Optimation)

SEO adalah cara optimasi website agar bisa ditampilkan di halaman utama pada sebuah situs pncarian. Intinya adalah apabila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine seperti di Google, Yahoo, maupun MSN maka alamat web kita bisa muncul di halaman pertama pencarian sesuai dengan kriteria kata kunci yang dicari user tersebut.
Jika tujuan SEO terpenuhi, tentunya visi misi dari web tersebut akan mudah tercapai. Otomatis statistik pengunjung meningkat, interaksi dan transaksi bertambah dan kepopuleran web lebih cepat. Ini semua akan memberikan suntikan motivasi untuk lebih semangat dan kreatif dalam mengelola sebuah web untuk memuaskan semua user yang mengaksesnya. Tips dan trik SEO meliputi beberapa hal yakni :

1. Content adalah utama

Hal ini sudah menjadi keharusan! karena kalau web kita tidak sering di update otomatis membuat orang malas mengunjungi kembali web kita. Apalagi jika kita ingin web kita  berumur  panjang  dengan pengunjung  yang  selalu banyak, maka updatelah isinya.
Isilah tag-tag kata kunci dengan kata-kata sesuai dengan keyword sehingga mudah ditemukan.
Apa hubungannya update  dengan  peringkat kita di google atau search engine yang lain ? Hubungannya adalah, ketika web kita sering di update maka akan mengundang orang mengunjungi web kita, jika web kita banyak pengunjung maka juga akan meningkatkan posisi web kita di search engine.

2.  Back Link dan kualitas

Back link ini merupakan link website milik kita yang ditampilkan pada website orang lain. Kualitas back link ini bisa mempengaruhi page rank (rangking) website. Semakin tinggi page rank maka search engine menilai website kita memuat content (isi) website yang ‘berkualitas’ untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Kualitas back link ini berasal dari website yang menaruh link ke website kita. Cara lain adalah rajin memberikan komentar di web/blog lain dengan mencantumkan alamat web kita disana. Selain itu juga dengan mendaftarkan tulisan ke social bookmarking seperti : http://www.digg.com, http://www.del.icio.us, www.blogcatalog.com, http://www.dignow.org, http://www.simpy.com

3. Alamat Domain yang sejalan

Dalam pemilihan nama alamat domain pertama kali, usahakan agar mengandung unsur keyword (kata kunci pencarian) dari visi misi web kita. Alamat http://www.tokobukumu.com lebih cocok dari pada http://www.murahmeriah.com untuk sebuah web shopping online toko buku karena kata toko dan buku bisa lebih mudah dan cocok ditemukan oleh calon pengunjung.

4.  Membuat  Tag Title dan Meta tags

Ada banyak Meta/Header Tags yang ditulis diantara  tag <head>…<./head>  diantaranya adalah :
  1. 1. Tag  title. Tag  title  akan  ditampilkan  di  pojok  kiri  atas  suatu  browser.  Isi  title  ini  dengan kalimat  yang  ada  kata-kata  keywordnya.  Pembuatnya  title  ini  sangat diperhatikan  oleh  search engine.  Jangan membuat  tag  suatu halaman web anda  sama dengan halaman web  anda di halaman lain. Search engine terutama google dapat mengenali duplicate tag. Contoh :
<title>Trik Menjadikan Web/blog No. 1 Search Engine | Trik Seo </title>
<meta name=”Title” content=” Trik Menjadikan Web/blog No. 1 Search Engine | Trik Seo” />
  1. 2. Tag description. Berisi deskripsi web anda, usahakan ada keyword yang diinginkan.  Jangan terlalu pendek contentnya Contoh :
<meta name=”description” content=” Trik Menjadikan Web/blog No. 1 Search Engine google” />
  1. 3. Tag keywords. Berisi keyword yang anda inginkan. Contoh :
<meta  name=”keywords” content=”nomor 1, seo, peringkat 1”/>
  1. 4. Tag robots. Tag ini untuk memberitahukan ke crawl agar melakukan pengindexan atau tidak. Karena ada beberapa web yang sengaja  tidak ingin diketahui. Tentu dalam hal ini kita mengijinkan untuk mengindex-nya. Contoh :
<meta name=”robots” content=”index, follow” />
<meta name=”googlebot” content=”index,follow” />
<meta name=”msnbot” content=”index,follow” />
Program robot dipunyai semua search engine untuk melakukan penjelajahan 24 jam.
  1. 5. Tag  alternate. Format lain cara publikasi seperti RSS. Contoh :
<link rel=”alternate”   title=”Selamat Tinggal Kesyirikan ”
href=”http://www.percikaniman.org/selamat-tinggal-kesyirikan/rss_articles/” />
  1. 6. Tag author dan Copyright. Contoh :
<meta name=”author” content=”Ridwan Arifin” />
<meta name=”copyright” content=”2010 http://www.tech-id.co.cc” />

5. Sitemaps sebagai peta dan daftar isi otomatis

Adalah halaman yang menampilkan peta link pada website, sitemaps memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi website dan mengupdate setiap perubahan yang terjadi di website pada database search engine. Untuk membuat sitemaps kita bisa menggunakan http://www.xml-sitemaps.com/ atau yang lainnya

6. Natural Listing

Natural Listing adalah kita mendaftarkan website pada search engine untuk diindex dalam database search engine tersebut agar bisa ditampilkan pada hasil pencarian melalui search engine tersebut. Dalam melakukan natural listing, ada beberapa search engine utama yang perlu didaftarkan antara lain:
Atau menggunakan jasa pendaftaran website  “URL Submission” seperti:

Di kutip dari SINI

Comments on: "Menjadikan Blog Terkenal Di Google" (3)

  1. Trimakasih infonya mampir ke lapak saya ya (http://sarastiana.com) beri saran dan kritiknya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: